Beranda » Tips SEO » 8 Teknik SEO On Page Untuk Optimasi Blog

8 Teknik SEO On Page Untuk Optimasi Blog

T Diposting oleh pada 25 June 2016
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 1105 kali

Teknik SEO on Page untuk optimasi blog merupakan bagian yang sangat penting untuk sebuah website. Dengan penyusunan SEO yang tepat maka akan membawa dampak positif pada peringkat website di mesin pencari. Bahasa sederhananya, tujuan utama SEO adalah menempatkan sebuah situs web atau blog di posisi teratas, atau minimal di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.

Teknik SEO in Page untuk optimasi blog dibutuhkan supaya mesin pencari lebih mudah mengenali halaman-halaman blog atau situs web yang kita buat. Bagi pemilik blog yang masih bingung mengenai teknik SEO, berikut beberapa panduan hingga Anda benar-benar menguasai teknik SEO on Page.

Nama Domain

cara optimasi seo on page

cara optimasi seo on page

Untuk optmiasi SEO nama domain perannya cukup penting. Dengan kata lain domain blog yang menggunakan keyword lebih mudah dikenali Google. Jadi tak hanya untuk menarik perhatian pengunjung namun nama domain yang sambung menyambung lebih cepat terdeteksi Google. Penamaan domain juga hendaknya singkat, usahakan maksimal terdiri dari 2 frase kata, tidak lebih dan pastikan pula jika nama domain Anda mewakili niche artikel pada web / blog Anda.

Meta Tag

Sama halnya nama domain, peran Meta Tag cukup penting untuk teknik SEO on Page untuk optimasi blog. Umumnya ada 2 Meta Tag dalam SEO untuk optimasi SEO on Page, yang pertama Tag Description dan yang kedua Tag Keyword. Meta Tag Description berisi uraian ringkas tentang isi situs yag dibuat, sedangkan Meta tag Keyword rangkaian kata kunci yang ditautkan dengan blog.

Meta Tag Description umumnya akan secara otomatis mengenerate 130 karakter awal paragraph pada tiap- tiap artikel yang Anda post. Namun jika 130 karakter awal tidak mengandung keyword, lebih baiknya buat Meta Tag Description secara manual melalui Plugin SEO Yoast  atau editkan secara langsung melalui blogspot.

Teknik SEO on Page untuk optimasi blog

Teknik SEO on Page untuk optimasi blog

Sedangkan untuk Meta tag, penamaan tag harus sesuai dengan isi artikel. Untuk mensiasatinya, Anda bisa search di Google dengan keyword Anda dan gunakan Related Search (Pencarian Terkait sebagai Meta Tag Anda seperti gambar di atas. Simpel bukan?.

Kata Kunci (Keyword)

Bisa dikatakan kata kunci atau keyword adalah ide utama artikel blog atau website. Ketika keyword dimasukkan ke mesin pencari (search engine) maka hasil pencarian kemungkinan besar akan merujuk pada blog milik Anda. Jadi Optimasi SEO on Page merupakan optimasi kata kunci, sebab nilai artikel yang diberikan Google tergantung dari kata kunci yang digunakan. Jadi semakin tepat keyword yang digunakan maka semakin besar peluang blog mendapat peringkat tertinggi.

SEO on Page untuk optimasi blog

SEO on Page untuk optimasi blog

Untuk mendapatkan kata kunci paling tepat untuk blog Anda, gunakan jasa research keyword terbaik, atau jika Anda mau melakukannya sendiri, buat akun Google Adword Tool untuk meresearch keyword. Google Adword Tool adalah tool yang bersifat permanen artinya artikel yang Anda akan buat berdasarkan keyword dari Adword dapat digunakan sampai kapanpun, selama blog Anda masih hidup, sedangkan jika Anda merisetnya berdasarkan trend semisal via Google Trend maka artikel yang dihasilkan hanya akan bersifat temporary sehingga trafik akan naik sesaat ketika trend keyword terkait sedang booming.

Untuk hasil yang maksimal gunakan Long Term Keyword, yakni keyword- keyword dengan frase lebih dari 2. Umumnya mereka hanya bisa diresearch dengan mudah melalui akun research premium / berbayar seperti Semrush dan Long Tail Pro. Pastikan Anda punya PayPal berisi USD untuk dapat membelinya.

Jumlah Kata Kunci

Teknik SEO on Page untuk optimasi blog jumlah kata kunci juga perlu diatur melalui optimasi kata kunci. Jumlah kata kunci biasanya tergantung dari panjang pendeknya sebuah artikel. Ada beberapa tool untuk menentukan keyword density sepeti Seoquake atau Worldcounter untuk menghitung seberapa banyak perulangan keyword yang dibutuhkan dalam sebuah artikel.

SEO on Page untuk optimasi

SEO on Page untuk optimasi

Keyword density yang alami dibutuhkan biasanya tidak lebih dari 2%. Penempatannya pun harus terkesan alami dan tidak berlebihan sehingga Mesin Pencari akan menganggapnya sebagai High Quality Blog yang patut diperhitungkan untuk menduduki peringat pertama SE. Sedangkan untuk penempatan umumnya setiap pakar SEO seperti Brian Dean akan menginstruksikan untuk menempatkannya di 130 karakter awal paragraph awal agar meta tag descriptionnya mengandung keyword untuk kepentingan SEO on page web Anda.

Variasi Kata Kunci

Sewaktu menulis artikel tidak direkomendasikan mengulang-ulang kata kunci yang dibidik. Akan lebih baik jika menggunakan variasi (sinonim) kata kunci yang dibidik. Selain lebih enak dibaca, variasi kata kunci lebih memperkaya perbendaharaan kata, dan yang lebih penting tidak dianggap sebagai spam content oleh Google.

SEO on Page untuk optimasi LSI

SEO on Page untuk optimasi LSI

Synonim disini juga berarti penggunaan LSI (Latent Semantic Indexing Keyword) yang merupakan keyword turunan dari keyword utama, hal ini jelas mempengaruhi kredibilitas blog Anda di mata Search Engine.

Posisi Kata Kunci

SEO on Page untuk posisi keyword

SEO on Page untuk posisi keyword

Posisi kata kunci yang benar tersebar pada semua bagian artikel. Hal ini penting supaya Google ‘yakin’ bahwa artikel memang benar-benar membahas tentang kata kunci yang digunakan. Kata kunci yang baik harus terdapat pada judul artikel, pada kalimat pertama paragraf pertama dan pada paragraf terakhir. Anda pasti ingin halaman Anda sejajar dengan web Brean Dean bukan?

Optimalisasi Gambar

SEO on Page untuk posisi Alt image

SEO on Page untuk posisi Alt image

Pada teknik SEO on Page untuk optimasi blog peran gambar dalam artikel tidak boleh diabaikan. Intinya penyertaan atribut gambar akan menambah nilai tersendiri terutama untuk hasil pencarian melalui Google Image. Penggunaan atribut gambar sebaiknya tidak lebih dari 40 karakter dan sebisa mungkin mengandung keyword.  Selain itu gunakan pula Alt+Text dengan nama sesuai keyword artikel yang berkaitan. Cukup hapus title image Anda dan enter dengan keyword artikel tersebut dan isi Alt Text pada kolom kedua, Anda bisa lihat di gambar atas!

Format H1 H2 H3

Teknik SEO on Page untuk optimasi blog berhubungan erat dengan format heading yakni H1, H2 dan H3. Pada umumnya untuk keperluan SEO yang paling penting adalah H1 dan H2. Gunakan H1 sebagai Title (umumnya setiap CMS akan secara default mengaturnya) dan H2 sebagai sub heading artikel Anda.

Teknik SEO on Page untuk heading tag

Teknik SEO on Page untuk heading tag

Untuk melakukannya, pastikan sebelum artikel dipastekan ke blog Anda, semua format heading sudah sesuai pada porsinya. Blog Title dan bagian subheading kemudian klik Icon Heading 2 pada Microsoft Word yang Anda gunakan.

Semoga informasi Teknik SEO on Page untuk optimasi blog  dapat bermnafaat bagi Anda.

Selamat Mencoba! Silakan berkomentar untuk hal-hal yang tidak diketahui, Admin siap menjawabnya!

 

1 Komentar untuk 8 Teknik SEO On Page Untuk Optimasi Blog

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 8 Teknik SEO On Page Untuk Optimasi Blog

cara optimasi seo off page using social bookmarking

Teknik SEO Off Page Untuk Optimasi Blog

T 25 June 2016 F A admin

Sama seperti SEO on Page, teknik SEO off Page untuk optimasi blog dibutuhkan untuk mendongkrak posisi sebuah blog atau situs web di halaman pertama mesin pencari. Bedanya, jika SEO on page bekerja didalam blog atau website itu sendiri, maka SEO... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.